Kelemahan Investasi Emas yang Jarang Diketahui

Ada banyak model investasi yang bisa Anda pilih, namun dari sekian banyak investasi yang ada, investasi emas masih menjadi pilihan utama. Setiap jenis investasi tentunya memiliki nilai positif dan negative.

Investasi emas pun memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Kali ini kami akan mengulas beberapa kekurangan dari investasi emas.

Kelemahan yang pertama tentu saja dilihat dari segi leverage. Anda yang memilih emas sebagai media investasi tentunya tidak dapat melakukan apapun untuk menambah penghasilan dengan investasi emas ini.

Hal tersebut tentu saja sangat berbeda dengan investasi property dimana nilai jualnya bisa Anda tambah dengan cara merenovasi atau pun yang lainnya.

Dengan memilih investasi emas, Anda tidak memiliki kendali khusus dalam penjualan dan permainan harga. berbeda bila anda berinvestasi di properti.

Selain itu, kelemahan yang juga ada dalam investasi emas adalah minimnya impak terhadap ekonomi mikro secara nyata (riil). Dengan kata lain, semakin besar berinvestasi emas yang tidak secara otomatis, maka perputaran ekonomi akan semakin besar.

Hal ini berbanding terbalik dengan jika Anda berinvestasi dengan saham atau reksadana. Dengan melakukan investasi saham, uang investasi berperan secara langsung terhadap perputaran ekonomi sebuah perusahaan.

investasi emas

Penjelasan Kelemahan Investasi Emas

Harus Menyediakan Tempat Rahasia

Menyimpan emas baik itu emas batangan atau emas berupa perhiasan tentu saja tidak bisa sembarangan. Apalagi jika jumlahnya tidaklah sedikit. Anda setidaknya membutuhkan beberapa tempat khusus yang bisa Anda gunakan untuk menyimpan emas agar aman dari pencurian.

Hal ini tentu saja sangat berbeda dengan yang memilih berinvestasi property karena lebih aman dan tidak mungkin dicuri. Untuk itulah Anda harus memikirkan tempat yang pas dan aman untuk menyimpan emas sebelum memutuskan untuk berinvestasi emas.

Kenaikan harga yang lambat.

Harga emas berbeda dengan media investasi lainnya. Emas jenis tertentu terkadang sangat sulit naik harganya dan bahkan cenderung turun. Apalagi jika Anda berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan. Jika perhiasan yang Anda gunakan rusak, maka harga jual kembali perhiasan tersebut akan sangat berkurang.



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *