Interior

Menata Ruang Tamu yang Sempit

7.d.Menata Ruang Tamu yang Sempit

Trend minimalis memang sedang sangat populer. Hal ini begitu tampak di wilayah perumahan. Terutama di wilayah perkotaan. Minimnya lahan menjadi alasan populernya konsep ini. Desain rumah minimalis memang mungil. Ruangannya juga terbatas. Akan tetapi bukan berarti tidak nyaman dihuni.

Ruang yang terbatas adalah tantangannya. Dengan keterbatasan ini, dekorasi harus cermat. Ini meliputi pemilihan furniture juga. Pemilihan furniture harus disesuaikan. Untuk itu pilih yang ukurannya ramping. Pilih juga yang bentuknya minimalis. Namun sebaiknya pilih yang bentuknya modern.

Prinsip tersebut berlaku untuk semua ruangan. Akan tetapi tetap ada beberapa penyesuaian. Dalam penataan ruang tamu, buat bentuk melingkar. Bentuk kotak juga baik. Untuk itu tata penempatan furniturenya. Buat penataannya sesuai dengan bentuk tersebut. Selain menarik, bentuk ini juga irit tempat.

Jangan sia-siakan space yang ada. Manfaatkan sebaik mungkin. Akan tetapi jangan terlalu rapat. Beri sedikit jarak dan ruang kosong. Ini agar ruangan tidak tampak sempit. Selain itu, terlalu banyak furniture juga jelek. Bahkan membuat ruangan tampak berantakan.

Pemilihan dan penataan furniture juga disesuaikan warna. Dalam hal ini adalah warna ruangan. Pilih warna furniture yang cocok. Kalau ingin menyatu, pilih warna yang sepadan. Jika tidak, yang terpenting perhatikan kecocokannya. Di sini pemilihan warna tembok sangatlah berpengaruh. Warna yang netral akan lebih mudah disesuaikan.

Bentuk ruangan juga menentukan penataan ruang tamu. Misalnya saja bentuk kotak. Bentuk ini adalah bentuk yang paling umum. Bentuk ini juga mudah ditata. Untuk ruangan kotak, tata furniture sesuai bentuknya. Tata dengan bentuk kotak. Kalaupun tidak, pilih bentuk yang sepadan.

Selain tata letak furniture, pencahayaan juga penting. Pencahayaan yang baik menciptakan kesan yang baik. Manfaatnya tidak hanya untuk penerangan saja. Ini juga baik untuk kesehatan. Terutama jika terkait dengan sinar matahari. Beri cukup jendela. Akan lebih baik lagi jika jendelanya lebar.

Selain itu perhatikan juga sirkulasi udaranya. Pastikan sirkulasi udaranya baik. Untuk ruangan sempit ini sangat penting. Namun ini juga sangat menantang. Beri ruang kosong pada beberapa tempat. Selain itu pastikan ventilasi udaranya cukup. Jendela sebaiknya juga harus mencukupi.

Kesan luas sebenarnya bisa diciptakan. Salah satu caranya dengan mengatur tinggi langit-langit. Langit-langit jangan terlalu pendek. Ini akan membuat ruangan terkesan sempit. Akan tetapi juga jangan terlalu tinggi. Sesuaikan saja dengan luas ruangan. Cekungan di langit-langit juga cukup membantu.

Satu hal lagi yang perlu diperhatikan. Ruang tamu tidak sama dengan ruang santai. Jangan jadikan televisi sebagai pusat perhatian. Jadikan ini hanya sebagai pelengkap. Karena keberadaan televisi dapat mengubah fokus pembicaraan. Padahal ruang tamu didesain untuk menerima tamu. Adanya interaksi seperti pembicaraan tidak boleh terganggu.

Dalam penataan ruang tamu, taste juga penting. Akan tetapi padukan dengan etika dan logika. Dengan demikian ruangan yang nyaman akan tercipta.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *