KPR

Aturan Uang Muka KPR Baru dari Bank Indonesia

5.a Aturan Uang Muka KPR Baru dari Bank Indonesia

Pertanyaan: Yang terhormat Properti Kita, sebenarnya berapa sih aturan besarnya uang muka KPR dari Bank Indonesia yang telah ditetapkan?

Jawaban:

Rumah menjadi salah satu hal yang harus Anda punyai saat ini. Dengan mempunyai rumah Anda bisa melindungi semua keluarga Anda dari berbagai cuaca buruk. Anda juga bisa menggunakan rumah sebagai tempat untuk berkumpul bersama anggota keluarga lainnya. Anda bisa mendapatkan privasi ketika Anda berada di rumah. Oleh sebab itu mempunyai rumah sangatlah penting.

Berbagai tipe rumah saat ini ditawarkan untuk Anda dan keluarga. Anda juga bisa membeli rumah dengan sistem KPR. Nantinya Anda hanya harus membayar uang muka KPR rumah yang Anda akan beli saja dan Anda sudah bisa menempati rumah yang Anda inginkan tersebut. Harga dari rumah tentu saja tergantung dari berbagai faktor. Faktor-faktor apa sajakah yang akan mempengaruhi harga rumah dan uang muka Anda?

Biasanya rumah yang mahal letaknya di lokasi yang sangat strategis. Di perkotaan besar, rumah yang memiliki harga mahal biasanya berada di daerah bebas banjir dan juga mempunyai akses yang cepat dengan tol dan jalan raya. Perumahan yang ditawarkan dengan harga yang mahal juga biasanya mempunyai fasilitas yang beragam dan lengkap.

Anda yang tertarik untuk membeli rumah dengan sistem KPR tentu saja harus tahu bagaimana cara mengajukan KPR. Anda juga harus tahu berapa besarnya uang muka KPR untuk membeli rumah dan yang harus Anda bayarkan pada awal pembelian rumah. Dengan membayar uang muka, artinya Anda telah memesan rumah tersebut dan rumah tersebut tidak akan dijual lagi kepada orang lainnya.

Bulan lalu, Bank Indonesia baru saja memberikan aturan main baru bagi penyaluran KPR kepada masyarakat. Dalam aturan baru juga diatur tentang pembatasan besaran kredit bagi bank konvensional dan juga bank syariah. Selain itu diatur juga besarnya uang muka untuk rumah dengan tipe-tipe tertentu. Lalu berapa besarnya uang muka yang sebaiknya Anda berikan pada bank?

Bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan tipe 70 meter ke atas, maka uang muka yang dikenakan maksimal 70% atau Anda harus membayarkan uang muka sebesar 30% dari harga rumah yang hendak Anda beli tersebut. Rumah tipe ini kini banyak dibeli karena kebutuhan akan rumah yang sedikit lapang dan luas untuk keluarga.

Bagi Anda yang ingin membeli rumah dengan tipe 60 meter maka uang muka yang harus dikenakan adalah 60% atau uang muka sebesar 40%. Sedangkan untuk rumah ketiga sebsar 50% atau uang muka sebesar 50% dari jumlah harga rumah yang Anda beli. Selain diberlakukan untuk pemilikan rumah Anda yang berniat membeli rumah susun sebaiknya juga mencermati aturan baru uang muka tersebut.

Lalu bagaimana dengan uang muka KPR untuk ruko atau rukan? Untuk kepemilikan pertama nantinya tidak diberlakukan uang muka. Sedangkan untuk kepemilikan kedua akan diberlakukan sistem uang muka dan besarannya akan didasarkan pada jenis dan tipe bangunan ruko yang hendak Anda beli. Lalu apa sebenarnya tujuan dari peraturan baru ini?

Peraturan uang muka yang baru ini ditujukan agar tetap bisa menjaga sistem keuangan. Selain itu aturan ini dimaksudkan untuk menjaga ketahanan dari perbankan. Nantinya dengan aturan yang telah ditetapkan, semua bank akan selalu berhati-hati dalam memberikan kredit pada masyarakat dan masyarakat akan patuh terhadap aturan yang berlaku.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *