Tips and Recommendation

Tips untuk Membuat Lemari Dapur

Tips untuk Membuat Lemari Dapur2

Lemari dapur minimalis umumnya terdiri dari dua jenis lokasi, yakni lemari dapur dibagian bawah serta lemari dapur dibagian atas.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat anda membuat lemari dapur. Entah itu anda yang buat ataupun tukan mebel yang membuat lemari tersebut.

1. Pertimbangkan Luas Area Dapur

Ini merupakan suatu hal dasar yang harus dilakukan pertama kali. Kalkulasikanlah luas dapur, lalu buatlah lemari dapur sesuai dengan luas area dapur yang telah anda hitung. Untuk lemari dapur gantung, perhatikan ketinggian lemari kabinet tersebut agar tidak mengganggu kegiatan memasak anda.

2. Penentuan Bahan

Bila anda sudah mengetahui ukuran lemari dapur yang akan dibuat, langkah setelah itu yaitu penentuan bahan pembuatnya. Lemari dapur minimalis umumnya terbuat dari kayu, aluminium, kaca, atau perpaduan dari bahan-bahan tersebut. Lemari dapur yang berbahan kayu solid umumnya mempunyai kemampuan yang bagus serta tahan lama. Berbeda dengan lemari dapur aluminium, lemari tersebut kurang kuat saat menahan beban yang berat.

3. Buatlah sekat dalam lemari dengan beragam ukuran

Terdapat banyak tipe barang yang dapat disimpan dalam lemari dapur minimalis anda. Seperti panci memerlukan ruangan yang besar. Akan tetapi ada banyak juga perabot lain yang berukuran kecil seperti pisau, gelas, piring serta sendok. Mubazir pastinya bila anda menyimpan perabot-perabot yang kecil tersebut dalam lemari kabinet berukuran besar.

Oleh sebab itu dibutuhkan sekat horizontal atau vertikal untuk membagi area dalam lemari dapur menjadi sekat-sekat yang lebih kecil. Gunakan sekat fleksibel yang umumnya dipakai pada lemari bongkar pasang. Dengan membagi banyak ruangan dalam lemari dapur maka anda dapat menyimpan semakin banyak perabot dan juga menjadi lebih rapi.

Tips untuk Membuat Lemari Dapur

4. Lemari Harus Mudah Dibersihkan

Lemari dapur mudah sekali kotor, salah satunya kotoran yang datang dari asap minyak goreng. Bila asap ini melekat pada lemari, maka permukaan lemari akan menjadi lengket serta menguning. Oleh sebab itu, buatlah lemari dapur anda dengan menggunakan bahan yang mudah dibersihkan.

Salah satu caranya adalah dengan mencat permukaan lemari dengan cat yang mengkilat seperti cat duco atau dengan diberi susunan tambahan berbahan sintetis. Anda juga dapat melapisi lemari dapur dengan bahan mengkilat yang terbuat dari logam atau kaca untuk menampilkan  kesan mewah serta modern.

5. Pasang Lampu untuk Pencahayaan Dibawah Lemari Dapur Gantung

Area dibawah lemari dapur gantung yaitu area di mana kita kerap melakukan kegiatan dapur seperti memotong sayuran, membuat adonan kue, dan lain-lain. Menambahkan lampu dibagian bawah lemari dapur gantung dapat membuat area di bawahnya menjadi terang, sehingga kita bisa beraktifitas lebih nyaman.

About the Author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *